Wednesday, January 25, 2017

Macam Macam Organ Pernapasan Pada Manusia

Semua mahluk hidup pasti bernapas.
Lalu apa pengertian bernapas itu sendiri ?
Bernapas adalah proses menghirup udara dan mengeluarkan udara,didalam udara terkandung berbagai gas,salah satunya adalah oksigen.
Gas yang dibutuhkan oleh tubuh adalah oksigen

Hampir semua mahluk hidup mempunyai organ khusus untuk pernapasan.organ khusus pernapasan manusia adalah paru paru,kulit,atau trakea.
Nah kali ini saya akan membahas mancam macan organ pernapasan pada manusia diantaranya  :

1. MACAM MACAM ORGAN PERNAPASAN PADA MANUSIA
Organ pernapasan pada manusia terdiri dari hidung,tenggorokan,trakea,bronku,dan paru paru.

- HIDUNG DAN TENGGOROKAN
         Udara masuk pertama kali ke dalam tubuh melalui hidung.
Fungsi hidung itu sendiri adalah untuk menyaring udara yang masuk,hidung juga berperan mengatur suhu dan kelembapan udara yang masuk. Kemudian dari hidung udara akan masuk ke tenggorokan lalu tenggorokan menghubungkan ke trakea.

- TRAKEA
     Di trakea terdapat rambut rambut getar yang berfungsi menyaring udara dari debu dan kotoran lain di trakea. Kemudian dari trakea udara akan masuk ke bronkus.

- BRONKUS DAN PARU PARU
     Bronkus adalah saluran yang mengalirkan udara ke paru paru.
    Paru paru adalah organ utama dalam pernapasan manusia. Paru paru terletak pada rongga dada di atas diafragma. Paru paru dilapisi oleh selaput tipis yang disebut pleura.
Didalam paru paru bronkus membentuk cabang cabang saluran kecil yang disebut bronkiolus. Ujung ujung bronkiolus membentuk gelembung gelembung seperti anggur yang disebut
Alveolus,Alveolus berfungsi untuk pertukaran gas.

Lalu bagaimana proses bernapas berlangsung ?
Pada saat kita bernapas,udara masuk melalui hidung dan tenggorokan. Selanjutnya,udara masuk ke paru paru. Oksigen akan diserap oleh alveolus,sedangkan karbon dioksida dilepaskan. Karbon dihembuskan keluar melalui tenggorokan dan hidung.

Related Posts

Macam Macam Organ Pernapasan Pada Manusia
4/ 5
Oleh