Friday, January 20, 2017

Tips Menghilangkan Jerawat


Assalamualaikum wr.wb
Kali ini saya akan share beberapa tips menghilangkan jerawat. Sebelum kita bahas ada baiknya daya jelaskan sedikit tentang jerawat.

- Apa itu jerawat ?

Jerawat adalah sebuah permasalahan kulit. Pada umunya menyerang sebagian besar orang. Jerawat muncul ditandai dengan bintik bintik kecil pada bagian kulit tubuh, misalnya saja pada kulit wajah, kulit bagian punggung, dan kulit bagian dada. Jerawat tersebut muncul dalam jenis yang berbeda, jenis yang berbeda tersebut meliputi jerawat yang paling ringan yaitu komedo hitam maupun komedo putih, dan jerawat yang plaing parah yang berisi nanah. Jerawat yang paling parah biasanya akan meninggalkan bekas jerawat yang berbentuk flek hitam.

- apa penyebab timbulnya jerawat ?

Jerawat sebenarnya terjadi pada seseorang pada usia berapapun, namun jerawat ini sering dikaitkan dengan usia remaja saat itu yang terjadi karena perubahan kadar hormon selama masa pubertas. Perubahan hormon yang terjadi tersebut memperngaruhi kelenjar penghasil minyak atau sebum yang terletak dekat dengan folikel bulu di kulit. Pada kenaikan dan perubahan kelenjar ini, menyebabkan produksi sebum akan meningkat pada kulit wajah, sehingga tumpukan sebum tersebut akan bergabung dengan sel kulit mati dengan kotoran kotoran yang nantinya akan menyumbat pori pori terutama pada bagian kulit wajah.

Setelah menyumbat pori pori wajah disertai dengan banyaknya sebum di permukaan kulit, bakteri jerawat akan berkembang lebih cepat, bakteri tersebut dinamai dengan bakteri Propionobacterium Acnes, bakteri inilah sebenarnya yang merupakan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Pada bakteri ini bisa mengiritasi kulit sehingga kulit akan memerah, dan membengkak yang akan menyebabkan timbul seperti nanah pada bagian bawah kulit.

Bagaimana cara menghilangkan atau mengobatinya ?
Nah seperti judul di atas disini admin akan berbagi tips cara menghilangkan jerawat berikut tipsnya :

1. Cara Menghilangkan Jerawat Secara Herbal & Alamiah

Cara menghilangkan jerawat yang pertama kita bahas di sini adalah dengan cara herbal atau menggunakan bahan alami yang disediakan oleh alam.
ANTARA LAIN :
- kayu manis & Madu

Dua bahan ini merupakan kombinasi obat yang mujarab, fungsi utamanya memang bukan untuk menyembuhkan jerawat namun untuk membunuh bakteri dan sebagai antibiotik agar jerawat tidak semakin parah akibat infeksi dari bakteri.
CARA PEMAKAIAN :
Bersihkan wajah menggunakan air bersih lalu keringkan. Campurkan 1 sendok makan kayu manis dengan 2 sendok madu hingga berbentuk seperti pasta. Jadikan sebagai masker dan pakai sekitar 10-15 menit, setelah itu cuci dengan air bersih.

- Pasta Kulit Jeruk
Vitamin C pada kulit jeruk memiliki khasiat yang bagus untuk menghilangkan jerawat, selain itu kulit jeruk juga memiliki fungsi untuk meremajakan kembali sel-sel kulit yang telah mati.
CARA PEMAKAIAN : 
Blender kulit jeruk yang dicampur dengan sedikit air hingga lembut. Kemudian bersihkan wajah dengan air dan keringkan. Oleskan pasta kulit jeruk pada wajah dan diamkan selama 20-25 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

- cuka apel
Cuka apel memiliki khasiat yang baik untuk wajah yakni dapat menyeimbangkan PH serta mencegah pertumbuhan bakteri. Cuka apel boisa jadi salah satu obat ampuh dalam mengatasi jerawat.
CARA PEMAKAIAN :
Sebelum memakai cuka apel usahakan untuk membersihkan wajah anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan. Kemudian oleskan cuka apel pada wajah menggunakan kapas dan biarkan selama 10-15 menit. Selanjutnya bersihkan menggunakan air bersih dan gunakan pelembab jika kulit terasa kering.

KEUNTUNGAN :
- Biaya murah/tidak perlu mengeluarkan biaya
- Mudah ditemukan di mana saja
- Tidak memiliki efek samping
- Aman digunakan jangka panjang. Tidak seperti obat kimia yang bisa memberikan efek negatif jangka panjang, obat herbal biasanya lebih aman. Bahkan, penggunaan obat herbal memang harus dilakukan secara berkesinambungan.

Demikian tips menghilangkan jerawat secara alami dan aman bagi kesehatan kulit.
Terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Baca Juga : 5 jenis sepatu yang akan jadi tren di 2017
NB : saya sangat berterimakasih jika kalian share info sehat ini kepada teman teman yang lain :)

Related Posts

Tips Menghilangkan Jerawat
4/ 5
Oleh