Wednesday, January 18, 2017

Tips dan Trik Menjadi Blogger Handal dan Profesional

Beberapa orang, juga menyebutkan kalau aktifitas ngeblog harus dilakukan hampir setiap harinya meskipun hanya untuk mengetahui eksistensi dari si pemilik blog tersebut, serta untuk mengetahui sejauh mana sih blog itu dirawat oleh si pemilik, seperti menambah atau update artikel yang ada diblognya. 

hmmm.. Saat ini mungkin jika kita mau menghitung mungkin ada lebih dari 10 juta blog yang kita temukan di internet, baik yang baru berdiri atau sudah lama berdiri.
Selain merawat blog, umumnya para blogger yang tergolong baru juga masih rajin melakukan aktifitas blogwalking. 

Apa itu blogwalking? 
Blogwalking merupakan aktifitas dimana pemilik blog berkunjung ke blog orang lain dan meninggalkan link atau tautan melalui komentar mereka. 

Namun, Blogwalking saja ternyata tidak cukup lho kalau mau menjadi seorang blogger yang handal. Yups, kali ini saya akan sedikit berbagi tips agar blog kita lebih cepat dikenal oleh orang banyak. 

Seperti yang saya ulaskan diatas, beberapa blogger bahkan mayoritas blogger saat ini sudah banyak yang ternyata dijadikan sebagai sumber penghasilan mereka lho, gimana caranya? 
seperti mengikuti program periklanan contohnya Google AdSense, menyediakan jasa, atau affiliasi. 

1. Waktu Akses blog.
Waktu akses blog atau load times blog. Hal ini juga sangat penting untuk kita perhatikan. Sering saya temui sampai saat ini banyak sekali blog yang memasang banyak aksesoris dan iklan yang bertebaran disana dan disini. Memang perlu menghiasi blog kita agar lebih menarik tetapi, kita juga harus tetap memperhatikan sisi kenyamanan untuk pengujung. Selain itu, jika terlalu banyak aksesoris widget seperti animasi flash atau banner-banner waktu load blog juga akan menurut atau lambat untuk diakses. Bisa dibayangkan, pengunjung pasti akan memilih keluar dari halaman blog kita dan mencari informasi dari blog lain.

2. Mobile nav responsive.
Dalam memilih template atau menguji tampilan blog jangan hanya terfokus pada layar desktop saja, tetapi kita juga perlu mengecek blog kita melalui mobile.
perlu kita garis bawahi, saat ini indonesia termasuk negara paling banyak pengguna smartphone. Mereka kini telah terjangkit virus dimana kebutuhan informasi apapun mereka cari melalui internet dari perangkat mobile mereka. Oleh karena itu, kita perlu mempertimbangkan penggunaan template yang responsive agar eksistensi blog tetap terjaga dan tetap enak di lihat dan dibaca meskipun diakses melalui mobile.


3. Cantumkan sumber referensi.
Seorang blogger pasti mempunyai sumber referensi untuk bisa menghasilkan tulisan yang baik, memberikan manfaat, dan bisa memberikan solusi dari permasalahan yang pengujung alamai.
Akan tetapi, masih banyak sekali blog yang asal main comot artikel orang lain yang sudah mereka susun dengan susah payah agar mudah dipahami tanpa mencantumkan sumber referensi mereka.
Selain itu, dengan mencantumkan sumber referensi kita berarti menghargai karya orang lain, dan justru jika kita selalu mencantumkan sumber referensi kita akan terlihat sebagai blogger profesional bukan?

Coba lihat seperti situs-situs berita, misal detik.com, kompas.com mereka selalu mencantumkan sumber referensi meskipun mereka lakukan riwrite pada berita mereka. Alhasil sampai saat ini situs mereka masih banyak dikunjungi oleh masyarakat bukan?.
Mencantumkan sumber referensi tidak akan menurunkan eksistensi blog kita kok.

4. Sosial Media.
Saat ini kita tidak bisa menghindari peran sosial media terhadap blog ataupun situs-situs besar seperti saya sebutkan pada poin nomor 4. Rajihlan share artikel blog kita melalui sosial media, atau pasanglah tombol sosial media agar para pembaca artikel blog kita bisa meng-share artikel kita.

5. Profil.

Jika diperlukan, cantumkanlah profil pribadi kamu sebagai pemilik atau pengelola blog tersebut, tetapi jangan terlalu berlebihan ketika kita mengulas tentang profil pribadi kita. Kenapa ?

Karena justru pengunjung akan merasa dan menilai bahwa kita sebagai pemilik blog adalah orang yang sombong karena meninggikan suatu hal yang ada pada kita. Mungkin menurut kita itu biasa saja, tetapi penilaian dari orang lain terkadang berbalik dengan pemikiran kita.

selain itu, dengan mencantumkan profil kita, maka pengunjung akan mengetahui ini lho yang punya blog keren ini, kontennya sangat bermanfaat pas sama orangnya. Wkwk

6. Keunikan
Untuk menjadi blogger yang hebat, handal serta profesional kita harus bisa menyajikan sesuatu yang berbeda dari yang sudah ada. Unik disini bukan hanya dari tampilan atau template blog tersebut, tetapi dari sisi kontennya juga harus unik dan berbeda. Tonjolkan sesuatu yang baru dari kita melalui blog kita.

Related Posts

Tips dan Trik Menjadi Blogger Handal dan Profesional
4/ 5
Oleh